Perbedaan Telepon Satelit dan Telepon Seluler

Perbedaan Telepon Satelit dan Telepon Seluler

telepon satelit

Hampir semua orang memiliki telepon seluler saat ini — mulai dari adik perempuan di sekolah dasar hingga nenek Anda. Sulit untuk membayangkan kehidupan tanpa perangkat genggam ini, yang memungkinkan kita melakukan jauh lebih banyak daripada sekadar melakukan panggilan telepon.

Faktanya, Telepon seluler saat ini begitu kuat dan memiliki begitu banyak kemampuan sehingga sulit membayangkan situasi di mana ponsel seluler tidak berguna. Meskipun benar bahwa sebagian besar waktu dan dalam sebagian besar situasi, ponsel seluler akan memungkinkan Anda tetap terhubung atau mendapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya, ada banyak situasi di mana ponsel seluler tidak cukup. Dalam kasus-kasus tersebut, Anda membutuhkan ponsel satelit jika ingin terhubung.

Telepon Satelit & Telepon Seluler: Jaringan Global yang Luas

Anda mungkin berpikir, “Telepon seluler dan telepon satelit itu sama, bukan?” Sebenarnya tidak. Operator Telepon seluler Anda mungkin memiliki jaringan yang luas yang memungkinkan Anda melakukan panggilan dari hampir setiap lokasi, mengakses internet, atau menjalankan aplikasi, tetapi telepon seluler dan ponsel satelit mentransmisikan sinyal dengan cara yang sangat berbeda.

Perbedaan Antara Telepon Satelit dan Ponsel Seluler

Telepon seluler mentransmisikan melalui menara berbasis darat. Pertimbangkan setiap sinyal — panggilan Anda — sebagai sebuah sel. Ketika Anda berada di area tertentu, sel tersebut ditangani oleh menara terdekat. Jika Anda pindah ke area yang berbeda, sel tersebut melekat pada menara yang lebih dekat, dan begitu seterusnya. Itulah mengapa Anda mungkin mengalami sinyal lemah atau panggilan terputus pada Telepon seluler Anda: Entah tidak ada menara yang mendukung sel di dekatnya (menyebabkan panggilan terputus atau tidak ada layanan) atau menara terlalu jauh, sehingga sel tidak didukung sebagaimana mestinya.

Sementara itu, telepon satelit tidak bergantung pada menara, melainkan mentransmisikan sinyal melalui satelit yang mengorbit bumi. Sinyal dari perangkat Anda ditransmisikan langsung ke satelit terdekat, yang kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke gateway terdekat, atau pusat berbasis darat, yang kemudian mentransmisikan sinyal tersebut ke telepon penerima; telepon penerima bisa berupa telepon darat, ponsel seluler, atau telepon satelit lainnya.

Kenyataan bahwa sinyal telepon satelit ditransmisikan jauh di atas bumi dan tidak bergantung pada menara adalah apa yang membuatnya berguna di daerah terpencil. Akan tidak mungkin menempatkan menara ponsel seluler di mana pun untuk memastikan sinyal terus-menerus — misalnya, di tengah lautan atau di wilayah pedalaman. Inilah sebabnya mengapa telepon satelit lebih berguna daripada ponsel seluler bagi mereka yang melakukan perjalanan ke daerah terpencil atau membutuhkan koneksi di lokasi terpencil.

Fungsionalitas Ponsel Seluler & Telepon Satelit

Dalam hal fungsionalitas, telepon seluler memiliki keunggulan dibandingkan telepon satelit. Telepon satelit dirancang khusus untuk komunikasi telepon, yang berarti bahwa sebagian besar memungkinkan Anda melakukan panggilan masuk dan keluar — dan itu saja. Namun, model terbaru dilengkapi akses Internet di beberapa “hotspot” tertentu dan kemampuan mengirim dan menerima pesan teks.

Meskipun demikian, ponsel satelit dapat lebih berguna dalam situasi darurat karena tidak bergantung pada menara berbasis darat dan jaringan untuk beroperasi. Banyak petugas darurat mengandalkan ponsel satelit karena memungkinkan komunikasi bahkan selama pemadaman listrik, yang sering kali membuat komunikasi berbasis darat mati.

Biaya dan Desain

Kelimpahan ponsel seluler dan kemudahan dalam membuat jaringan berbasis darat berarti bahwa ponsel seluler — beserta rencana panggilan dan data — terjangkau. Dengan kurang dari $100, seseorang dapat membeli ponsel pintar yang sepenuhnya fungsional beserta rencana data yang memungkinkan panggilan, pesan teks, dan data tanpa batas.

Ponsel satelit lebih mahal, itulah sebabnya banyak orang yang hanya membutuhkannya sesekali beralih ke rencana sewa. Sekali lagi, penting untuk mempertimbangkan tujuan dari ponsel satelit dan kegunaannya dalam situasi darurat. Dalam situasi darurat atau ketika Anda tidak memiliki sarana lain untuk tetap terhubung, ponsel satelit adalah pilihan yang layak dan masuk akal.

Ponsel seluler tentu saja berguna, dan untuk komunikasi sehari-hari, mereka lebih dari cukup. Tetapi jangan membuat kesalahan dengan mengira bahwa ponsel seluler Anda akan berfungsi di mana pun atau bahwa ponsel seluler sama baiknya dengan ponsel satelit. Dalam beberapa situasi, Anda memerlukan kemampuan canggih dan jaringan global yang ditawarkan oleh ponsel satelit.

Global Telesindo Dapat Menghubungkan Anda Di Mana Pun Anda Berada Sekarang

 setelah Anda lebih memahami tentang telepon satelit vs. ponsel seluler, Anda mungkin masih memerlukan bimbingan tentang apa yang harus digunakan dan di mana tergantung pada lokasi Anda atau tempat yang akan Anda kunjungi. Global Telesindo dapat membantu Anda memilih teknologi yang tepat & solusi konektivitas telekomunikasi satelit yang hemat biaya sesuai dengan skenario penggunaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *